Rabu, 10 Oktober 2012

KEUNIKAN BATIK KHAS CIREBON



Kemajemukan budaya di Indonesia membuat kita bangga menjadi orang Indonesia. Nah, sekarang tugas kita adalah menjaga agar akar budaya tersebut tidak sirna dimakan jaman. Salah satu karya budaya bumi pertiwi yang harus dilestarikan adalah batik. Beragam jenis dan motif batik hadir di Indonesia sesuai dengan karakter dan daerah masing-masing. Salah satu yang unik adalah batik khas Cirebon.
Batik Cirebon ini memiliki ciri unik dengan motif awan-awan yang menarik. Oleh karena itu, motif batik khas Cirebon ini disebut dengan motif Mega Mendung. Motif ini juga identik dan bahkan telah menjadi ikon batik pesisiran Cirebon. Motif Mega Mendung tadi juga menjadi ciri khas batik Cirebon karena tidak dapat ditemui di pesisir penghasil batik lain di utara Jawa.

Selain unik dan menarik, motif batik Mega Mendung khas Cirebon ini juga memiliki sejarah yang sangat kuat. Motif awan dan warna-warna tegas seperti biru dan merah pun memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Cirebon.
Menurut sejarah, batik Cirebon merupakan hasil asimilasi dan akulturasi beragam budaya yang ada ketika Pelabuhan Muara Jati di Cirebon menjadi tempat persinggahan para pedagang. Pedagang yang singgah berasal dari Tiongkok, Arab, Persia, dan India.
Berawal dari pernikahan Putri Ong Tien wanita berketurunan Tiongkok dengan Sunan Gunung Djati yang disinyalir menjadi gerbang bergabungnya dua kebudayaan tersebut. ketika itu keraton menjadi pusat kosmik sehingga ide atau gagasan serta pernak-pernik budaya Tiongkok masuk dan berasimilasi dengan budaya Cirebon. Salah satu yang dihasilkan adalah batik Cirebon dengan motif awan-awan yang lekat dengan mitologi Tiongkok.
Motif Mega Mendung sendiri yang berupa awan-awan dianggap sebagai lambang kesuburan. Awan pembawa hujan membawa kesuburan dan kehidupan bagi masyarakat. Warna-warna yang ada seperti biru yang melambangkan kehidupan yang cerah juga mendominasi batik ini. Namun seiring dengan waktu, batik Cirebon ini juga memiliki warna yang beragam seperti hijau, merah atau bahkan putih.
Batik Cirebon memang memiliki motif yang khas serta unik. Karya indah khas Cirebon ini juga tidak hanya sebagai karya budaya yang dapat dinikmati keindahannya. Lebih dari itu, keindahan dan keanggunan batik ini juga mengandung nilai dan arti budaya yang filosofis yang menjadi kekayaan nusantara.

MENGENAL MAKNA DIBALIK MOTIF BATIK

Batik merupakan warisan budaya dunia tak benda yang berasal sli dari Indonesia. Maka dari itu,sebagai bangsa Indonesia sudah sepatutnya kita melestarikan warisan tak benda ini agar tidak lepas dari tanah nusantara tercinta. “Cintailah Produk Indonesia” , himbauan tersebut bertujuan untuk agar mengefektifkan dan mengefisienkan serta melestarikan karya dalam negeri, akan tetapi himbauan tersebut kurang tepat karena ada istilah yang mengatakan bahwa “mencintai tidak harus memiliki” yang memiliki makna bahwasanya meski tidak memilikinya pun tidak masalah yang penting telah mencintainya, bagaimana bisa lestari karya negeri apabila kita tidak memilikinya, jadi kita harus bisa mencintai dan memiliki seperti halnya yang telah dituturkan oleh Bapak Katura, “Cintailah batik dengan cara memulai untuk memakainya”. Love it by wearing it, dengan begitu batik dapat lestari. Disamping itu, kita sedikitnya harus tahu bahwa setiap motif batik memiliki makna ataupun filosofi tersendiri.
Cirebon memiliki lebih dari 300 motif batik yang tentunya memiliki filosofi masing-masing. Contohnya, motif mega mendung yang paling populer yaitu bahwasanya awan yang mendung menjelang hujan hawanya akan terasa dingin atau adem sehingga filosofinya kita harus dapat meredam amarah agar hati terasa sejuk dan mendinginkan pikiran. Selain mega mendung, Cirebon memiliki motif batik Slobog yang termasuk dalam kategori motif pesisiran. Nah, kita akan mengetahui makna dibalik motif batik slobog berikut. Slobog sendiri memiliki arti jalan lurus sehingga makna atau filosofinya adalah umat manusia diharapkan agar selalu berada dalam jalan yang lurus atau benar dalam kehidupan yaitu jalan yang menuju keridhlo-an Sang Illahi sehingga selamat di dunia dan akherat. Mengenal makna dari setiap motif batik merupakan satu lagi bentuk upaya kita untuk dapat melestarikan dan mencintai batik dengan begitu perasaan bangga akan menyertai dalam melestarikan batik dan motif batik. Para generasi muda Indonesia, ayo kenali makna dibalik motif batik sebagai kebudayaan kita!!!
Kata Kunci Artikel:
artikel batik, batik dan maknanya, gambar batik dan maknanya, macam-macam motif batik dan maknanya, arti batik, gambar dan arti batik, GAMBAR DAN MAKNA BATIK, pengertian batik beserta contohnya, motif batik dan artinya, batik slobog, batik nusantara dan maknanya, artikel batik nusantara, potensi batik untuk generasi muda, gambar batik dan artinya, makna dibalik motif batik, kumpulan artikel batik, makna dibalik motif batik CIREBON, cara pembuatan batik mega mendung, pengertian batik di nusantara, dengan batik kita mengenal budaya?, teknik pembuatan batik mega mendung, gambar gambar batik di benda, filosofi motif batik megamendung, filosofi motif batik ganggeng, filosofi motif serta gambar batik, motif batik indonesia dan filosofinya, motif batik klasik, motif batik maknanya, motif dan makna batik indonesia, makna dari motif batik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar